Menu Close

Bagaimana Kain Afrika Terhubung dengan Budaya Mereka

Bagaimana Kain Afrika Terhubung dengan Budaya Mereka

Afrika adalah benua besar dengan beragam orang dari berbagai suku dengan sejarah yang kaya. Orang-orang dari beragam budaya tinggal di benua ini dan menciptakan kain berwarna-warni yang menarik. Ada desain kain yang berasal dari ribuan tahun yang lalu. Keterampilan yang digunakan dalam membuat kain kreatif ini diturunkan dari generasi ke generasi oleh orang-orang Afrika. Kain terbuat dari bahan yang tersedia untuk orang-orang di berbagai daerah. Itu tergantung di mana mereka tinggal dan mereka mungkin menggunakan daun palem, kulit pohon, linen, kapas, dan wol. Cara orang-orang ini mendekorasi pakaian mereka sangat berbeda jual jam mewah bekas jakarta. Toko kain Afrika adalah sumber terbaik untuk mendapatkan pakaian desainer ini.

Metode menambahkan desain

Ada banyak cara unik di mana desain ditambahkan ke kain. Beberapa mewarnai kain melalui metode yang berbeda untuk membuat desain di permukaan. Yang lain menggunakan benang warna-warni dan menenunnya ke dalam kain untuk memberikan pola yang beragam. Beberapa dari mereka juga menggunakan metode bordir dengan menjahitnya. Pola juga dibuat dengan metode applique di mana potongan kain dijahit di latar belakang. Pencetakan digunakan sebagai cara untuk menambahkan warna dan desain pada kain saat ini.

Penggunaan kain Afrika

Orang Afrika berkomunikasi satu sama lain menggunakan gaya pakaian yang berbeda. Ini adalah cara berkomunikasi yang luar biasa yang telah mendarah daging dalam budaya Afrika selama bertahun-tahun. Ada makna historis dan spiritual dalam pewarna, warna, benang, dan elemen dekoratif yang digunakan. Ada simbol-simbol yang digunakan dalam dekorasi kain yang berhubungan langsung dengan peristiwa sejarah. Pakaian mereka mewakili cerita dan pesan dari unit sosial lama Afrika. Kain Afrika juga digunakan untuk tujuan peringatan. Ada berbagai set pakaian yang dikenakan dalam berbagai kesempatan seperti pernikahan, pemakaman, acara suku, upacara penamaan dll. Mereka digunakan untuk perhiasan pribadi dan pakaiannya ringan. Mereka dibuat untuk iklim hangat Afrika. Orang-orang di Barat membeli kain Afrika karena itu adalah pakaian terbaik untuk dipakai dalam cuaca panas.

Beberapa jenis pakaian Afrika

Kain Kente dan Adinkra

Budaya Ghana membuat dua jenis kain yang berbeda yang dikenal sebagai Kente dan Adinkra. Pakaian Kente ditenun dengan sutra dan dijahit dengan benang emas yang terbuat dari katun sehingga memberikan pola yang mencolok dan berwarna-warni. Desain yang dibuat di Kente kebanyakan adalah desain abstrak dan geometris. Warna dalam pakaian memiliki arti yang berbeda seperti merah berarti pengorbanan, biru berarti langit dll. Satu lagi adalah pakaian Adinkra. Mereka berasal dari orang Ashanti. Adinkra mendapatkan desainnya dari blok cetak dan pewarna. Seniman mengukir blok cetakan dalam serangkaian simbol yang berbeda di permukaan kain. Simbol mewakili peperangan dan hubungan masa lalu.

Kain Aso-Oke

Ini adalah kain tenun tangan yang ditenun oleh orang-orang Yoruba di Nigeria barat. Aso-Oke artinya kain atasan dan biasanya ditenun oleh laki-laki. Kain tersebut digunakan untuk membuat gaun pria, pembungkus wanita, dan kesehatan pria. Mereka adalah kain umum yang digunakan oleh perancang busana terkenal di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *