Menu Close

Cara Mengonsumsi Jagung yang Benar Agar Nutrisinya Dapat Kita Serap

Sebagai salah satu makanan pokok harian orang Indonesia, zea mays merupakan salah satu bahan pangan yang mudah didapat. Pengolahannya pun relatif mudah. Jagung bisa dipanggang, direbus, dimasak menjadi sup, campuran sayur lodeh, campuran sayur asam, atau bahkan popcorn, sebagai teman nonton.

Tak hanya manis dan nikmat, makanan ini bisa diperoleh dengan harga yang ekonomis bersama sederet manfaat jagung lainnya.

Cara Mengoptimalkan Manfaat Jagung

Dilansir dari laman healthline.com, dalam 100 g biji jagung mentah, terdiri dari kalori sebanyak 96 %, air sebanyak 73%, protein sebanyak 3.4 g, karbohidrat: 21 g, gula sebanyak 4.5 g, serat sebanyak 2.4 g, dan lemak: 1,5 g.

1. Karbohidrat

Jagung, seperti semua biji-bijian sereal lainnya terdiri dari banyak karbohidrat. Karbohidrat utama jagung terdiri dari pati sebanyak 28–80% dari berat keringnya.

Jagung juga mengandung gula alami (1-3%). Akan tetapi, jagung manis adalah varietas istimewa dengan tepung rendah yang memiliki kandungan gula lebih tinggi.

Setidaknya terdapat kandungan gula hampir 18% dari berat kering jagung. Sebagian besar gula dalam jagung adalah sukrosa. Tapi, meskipun jagung manis memiliki kandungan gula, jagung tetap memiliki tingkat indeks glikemik (GI) yang rendah atau sedang.

2. Serat

Jagung merupakan bahan makanan tinggi serat. Kandungan ini kerap kali digunakan untuk menjaga pencernaan sebagai bagian dari manfaat jagung bagi kesehatan.

Namun, kandungan serat dalam jagung bervariasi yaitu sekitar 9–15% dari berat keringnya. Serat yang dominan pada jagung tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

3. Protein

Jagung merupakan sumber protein yang memiliki kadar protein berkisar 10–15% tergantung pada varietasnya. Protein dalam jagung yang dikenal sangat tinggi adalah zeins, yaitu sekitar 44-79% dari total protein jagung.

Dalam industri pangan, zeins seringkali digunakan sebagai salah satu bahan pelapis permen, kacang, hingga obat-obatan.

4. Vitamin dan Mineral

Jagung juga memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah besar. Namun, kandungan tersebut tergantung dari jenis dan ukuran jagung. Tak hanya itu saja. Jagung pun memiliki banyak kandungan bermanfaat lain untuk kesehatan. Seperti:

  • Mineral, berupa kalium atau potasium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat.
  • Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C
  • Antioksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein.

“A calorie is a calorie”, begitu kira-kira slogan diet yang sering kita dengar dari para pakar gizi. Jika Kamu sedang melakukan diet pola makan seimbang, Harvard T.H.Chan, School of Public Health menyarankan untuk berpatokan pada kualitas dan kuantitas makanan yang dimakan, dibanding “pusing tujuh keliling” menghitung kalori.

Itulah sebabnya para ahli menyarankan untuk memilih High Quality Food dibanding Lower Quality Food dalam pola makan Healthy Eating Plate kita. Apa maksudnya?

  • High Quality Food: Termasuk sayuran dan buah, lemak baik, biji-bijian murni, dan nutrisi baik lainnya.
  • Lower Quality Food: Termasuk makanan yang digoreng dalam minyak banyak, makanan mengandung trans fat, makanan mengandung gula olahan, dan sebagainya.

Sedangkan Healthy Eating Plate yang dimaksud merupakan pembagian sepiring makanan yang sebaiknya terdiri dari:

  • Sayuran dan buah (1/2 bagian piring).
  • Biji-bijian (1/4 bagian piring). Kamu dan Dads bisa memilih barley, gandum, quinoa, jagung, nasi merah, nasi cokelat, dan nasi hitam.
  • Protein (1/4 bagian piring). Pilih ikan, unggas, dan kacang-kacangan dibanding daging merah.
  • Minyak nabati (secukupnya) seperti olive oil, canola oil, soy oil, minyak jagung, sunflower oil, kacang, dan sebagainya.
  • Minumlah air mineral setidaknya 2 liter per hari. Kamu bisa mengonsumsi teh atau kopi tanpa tambahan gula dan batasi penggunaan susu atau produk mengandung susu lainnya.
  • Tetaplah aktif dengan teratur berolahraga lima kali dalam seminggu

Itu tadi kandungan dan cara mengonsumsi jagung yang tepat. Untuk memperoleh jagung berkualitas, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah jagung secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain jagung ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *